Wujudkan Pelayanan Publik Berbasis Digital, Desa Bumijaya Bentuk Ketransparansian

Nusjek

LAMPUNG SELATAN – Pada era digital dan dengan kemajuan teknologi, pemerintah Desa Bumi Jaya Kecamatan Candipuro, Lampung Selatan, terus dapat memberikan layanan publik yang cepat, transparan dan efisien.

Terutama yang berhubungan langsung dengan masyarakat yang secara terus menerus untuk dapat melayani. berbagai informasi secara dinamis, terkini dan multimedia.

Papan Informasi Digital (digital signage) sebagai pengganti papan pengumuman di Kantor Desa untuk menampilkan berbasis teknologi dan memungkinkan masyarakat setempat bisa mengakses serta mendapat berbagai kemudahan dalam pelayanan.

Kepala Desa Bumi Jaya Aris Mustofa menyatakan, Semua informasi ada di sini dengan teknologi digital, mulai dari pengurusan surat keterangan, Kartu Keluarga (KK), KTP, peta desa, progres pembangunan, perpajakan, hingga data vaksinasi, ujar nya Rabo (24/11/2021).

Bacaan Lainnya
Guna Memajukan UMKM, Gubernur Lampung Buka Langsung Festival Kemilau Batik

“Terkait mengenai anggaran negara, kami berikan informasi secara transparansi,
sekarang era keterbukaan, dengan mengunakan perangkat televisi sebagai display keluaran, berbasis teknologi, kata ya.

Aris menjelaskan, untuk mempermudah masyarakat yang akan membuat kartu keluarga (KK). Konsep ini rencana akan kami usulkan ke Disdukcapil Lamsel, bahkan tingkat provinsi, agar terkoneksi dengan sistem dinas kependudukan dan catatan sipil, dan juga perpajakan bisa di lihat dicommand center.

Selain itu, penggunaan DD Informasi seperti ini bisa diakses di bumijaya.id yang sudah terkoneksi kementerian desa dan dinas PMD Lampung, menurut nya DD digunakan untuk pemberdayaan dan pembinaan masyarakat dan penanganan covid-19 berupa Bantuan Langsung Tunai (BLT) bagi 31 Keluarga Penerima Manfaat, ungkap nya.

Bacaan Lainnya
Peringati HGN Ke 76. PC PGRI Sidomulyo Lampung Beri Cinderamata

Ia menambahkan, Pemerintah Desa Bumi Jaya, Pada tahun ini, untuk fisik mengerjakan pembangunan infrastruktur jembatan dan normalisasi jalan serta tembok penahanan tanah (TPT), semua sudah terealisasi, untuk tahun ini anggaran DD sebesar Rp900 juta, kata dia.

Dengan sistem informasi digital di command center, sejak bergulirnya DD, pembangunan infrastruktur dan pemberdayaan masyarakat Desa Bumijaya terus meningkat dan di dukung, pungkasnya. (Met)

Pos terkait