Musrembang, Pemkab Lamsel Kucurkan 24 Miliar Untuk Kecamatan Candipuro

Nusjek

Lampung Selatan –Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Selatan kucurkan anggaran pembangunan sebesar Rp.24.847.204.169 untuk Kecamatan Candipuro.

Anggaran itu terdiri dari anggaran operasional Kecamatan Candipuro sebesar Rp.2.604.779.800 dengan total Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD) sebesar Rp.22.242.424.369.

Hal itu terungkap dalam kegiatan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kecamatan Candipuro, yang digelar di lapangan desa Sinar Pasmah, pada Selasa (15/2/2022).

Hadir dalam kegiatan Musrenbang Kecamatan Candipuro, Anggota DPRD Lampung Selatan, Pejabat utama dan Kepala OPD dilingkup Pemkab Lampung Selatan, Ketua TP PKK Lampung Selatan Hj. Winarni serta Ketua Dharma Wanita Persatuan Yani.

Pelaksana Tugas (Plt) Camat Candipuro Ahmad Salatan Nurrohman dalam laporannya mengungkapkan, mengenai usulan pembangunan pada tahun 2023 mendatang, yaitu pembangunan Kantor dan Rehabilitasi Aula Kecamatan Candipuro 1 Unit, pembangunan Pagar Kantor Kecamatan Candipuro 200 meter.

“Pembangunan Jogging Track Lapangan 350×2 meter, pembangunan Gedung Serba Guna 20×20 meter dan usulan desa yang telah diinput di Sistem Informasi Pembangunan Daerah (SIPD) sebanyak 84 usulan,” ungkapnya.

Ahmad juga menjelaskan, mengenai inovasi pelayanan Silaturahim Mas yang akan dilakukan oleh pihaknya beserta jajaran Kecamatan Candipuro pada tahun 2022 dan ditargetkan akan dilakukan uji penerapan pada tahun 2023 mendatang.

Bacaan Lainnya
Seluruh Kepala OPD Pemkab Lampung Selatan Tandatangani Pakta Integritas Anti Korupsi

Kemudian, Ahmad beserta Jajaran juga akan membuat inovasi ungggulan berupa desa wisata. Salah satunya yang telah terealisasi yaitu Alun-Alun Desa Bumidaya. Sementara, yang belum terealisasi Taman Wisata Desa Sinar Pasmah, Agro Wisata yang mengkolaborasikan penanaman pisang hingga produksinya, bahkan sampahnya akan dimanfaatkan debagai pakan ternak.

“Di Kecamatan Candipuro sedang akan kita lakukan inisiatif inovasi daerah berupa sistem pelayanan aparatur kecamatan yang ramah, berkeadilan, humanis, terintegrasi dan merakyat kepada masyarakat yang kita singkat dengan Silaturahim Mas,” ujarnya.

Sementara, Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto menjelaskan, Kegiatan Musrenbang tingkat Kecamatan merupakan salah satu langkah yang dilakukan oleh Pemerintah Daerah, dalam menyelaraskan usulan rencana program dari Kecamatan dengan prioritas pembangunan daerah tingkat Kabupaten/Kota.

Menurutnya, program-program tersebut akan dengan mudah terwujud apabila tidak ada lagi refocusing anggaran dari pusat, yang difokuskan kepada bidang kesehatan akibat pandemi COVID-19.

“Musrenbang ini adalah penajaman dari program-program yang telah diusulkan oleh pihak Kecamatan dan Desa. Nah bagaimana tercapainya program di tahun 2023 itu tergantung dari Prokes bapak ibu sekalian,” ungkap Nanang.

Bacaan Lainnya
Gorong-gorong Jembatan di Lamsel Ambrol, Dinas PU PR Tinjau Langsung

Oleh karena itu, Nanang Ermanto kembali mengingatkan, agar seluruh elemen masyarakat terus menerapkan protokol kesehatan dan menyukseskan vaksinasi COVID-19. Dengan demikian, diharapkan pandemi virus korona dapat segera hilang dari Indonesia.

“Sekarang ini patokannya protokol kesehatan, karena virus ini tidak pernah tahu kapan pergi dan kapan datangnya. Kuncinya adalah di vaksinasi dan prokes, bilamana ini bisa kuta jaga sama-sama insyaallah Candipuro bisa terlepas dari zona-zona, jangan sampai kita menjadi zona hitam,” katanya.

Pada kesempatan itu, Nanang juga turut mengucapkan terimakasih kepada Wasidi Mantan Camat Candipuro yang telah memasuki Purna Bakti terhitung 1 Februari 2022 lalu, atas dedikasi dan pengabdian yang telah diberikan kepada Kabupaten Lampung Selatan.

Dirinya berharap, Mantan Camat yang masih diperbantukan di Kecamatan Candipuro itu, kedepannya tetap sukses dan terus berjaya dalam segala bidang yang akan dipilih.

“Kami atas nama daerah dan Kabupaten Lampung Selatan mengucapkan beribu-ribu terimakasih kepada pak Wasidi. Beliau sosok yang telah mengabdikan di Kecamatan Candipuro yang telah purna bakti, semoga pengabdian pak Wasidi selama bertarung sebagai PNS hingga kepuncaknya, beliau adalah sosok yang jadi contoh,” tuturnya.(RLS)

Pos terkait